Senin, 09 Maret 2015

Cara Memilih Batu Akik, Batu Mulia, Batu Cincin yang Baik dan Bagus



Terdapat 4 parameter yang bisa anda gunakan untuk memilih batu akik atau batu hias sejenisnya yang berkualitas. Berikut aspek yang dinilai.
1. Warna
Pastikan batu akik atau batu mulia memiliki warna yang tajam dan menarik. Semakin tajam kedalaman warnanya , maka kualitas dari batu tersebut semakin tinggi.
2. Kecerlangan
Tingkat kejernihan dari batu akik menjadikan warna jadi jernih, tembus cahaya (untuk beberapa jenis batu) dan memiliki tekstur yang mengkilap seperti kristal. Meskipun dengan tingkat kejernihan yang tinggi, tidak ada batu asli yang sempurna 100%. Setiap batu akik asli akan mempunyai pola yang unik meskipun hanya berupa titik saja. Karena batu akik dibentuk alam maka setiap batu pasti mempunyai keunikan yang membedakan dengan yang lain.
3. Bentuk Potongan
Perhatikan bentuk potongan dari batu akik tersebut. Batu akik yang bagus akan mempunyai tingkat presisi tinggi baik ukuran maupun jenis potongannya. Carilah potongan yang benar-benar simetris baik tinggi , panjang dan lebar. Beberapa batu dapat memiliki pakem sendiri dalam urusan bentuk, misalnya bacan yang cenderung memiliki pola model potongan yang disukai oleh pria yaitu dengan pola oval cabochon yang cenderung tebal guna memaksimalkan keindahan batu akik tersebut. Diamon dan berlian yang memiliki potongan brilliant cut menjadi bentuk umum agar dapat memantulkan kemilau.
4. Karat
Sebelum membeli batu akik, sebaiknya anda juga memperhatikan kesesuaian beratnya. Beberapa batu seperti bacan atau chalcedony memang cenderung lebih berat karena memiliki kandungan material berupa logam(ferium). Metoda ini juga dapat meminimalisir anda dari kemungkinan mendapatkan batu akik palsu (terbuat dari kaca) sebab material batu buatan pasti akan mempunyai berat lebih ringan daripada yang batu akik asli.







sumber:www.berjibaku.com

Tidak ada komentar: