Selasa, 03 Maret 2015

Cara Mengendarai Mobil Matic



Secara umum kendaraan mobil yang beredar didunia ada 2 macam berdasarkan transmisinya, yaitu kendaraan dengan transmisi manual dan matic. Keduanya secara fisik tetap menggunakan pedal untuk mengontrol gerakan kendaraan saat berjalan. Perbedaannya terdapat pada jumlah pedalnya, kalau mobil manual terdapat 3 pedal sedangkan mobil matic hanya dikendalikan oleh 2 pedal. Untuk mobil manual 3 pedal terdiri dari kopling, rem dan gas. Sedangkan untuk mobil matic hanya terdapat pedal rem dan gas.

Sebenarnya cara mengendara mobil matic tidak jauh berbeda dengan mobil manual. Perbedaan yang utama adalah perpindahan gigi sudah diatur secara otomatis oleh mesin kendaraan. Perpindahan gigi pada mobil matic aakan mengalami penyesuai secara otomatis saat putaran mesin dan beban gaya dorong yang sudah diatur secara otomatis.

Cara mengemudi mobil matic untuk para pemula sebagai berikut.

  1.  Setelah mobil dihidupkan mesinnya, tekan tahan pedal remdengan kaki kanan dan lanjutkan dengan memindahkan persneling dari posisi P ke D untuk bergerak maju. Jika ingin bergerak mundur pindahkan ke gigi R. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  2.  Langkah berikutnya adalah melepas rem tangan ( hand break atau kick break) dan melepas rem secara perlahan dari kaki kanan. Usahakan tumit bisa bersandar di lantai mobil untuk landasan kaki sehingga ketika melepaskan rem secara perlahan bisa lebih halus. HINDARI TUMIT MENGGANTUNG !
  3.  Setelah pedal rem dilepas secara perlahan, pindahkan kaki kanan ke pedal gas yang ada disebelah kanannya. Tekan secara perlahan pedal gas (tumit harus menapak di lantai mobil) untuk mendapatkan akselerasi atau percepatan kendaraan. JANGAN MENGINJAK PEDAL GAS SECARA SPONTAN !
  4.  Jika setelah berjalan anda ingin berhenti, maka pedal gas secara perlahan harus dikurangi dan dilepas pada akhirnya. Kemudian pindahkan kaki ke pedal rem. Jika kendaraan sudah berhenti maka silakan pindahkan mode persneling ke N untuk berhenti sementara. Jika ingin berhenti lama atau parkir dan mesin dimatikan pindahkan ke mode P.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengendarai mobil matic.

  • Jangan terlalu tegang dalam mengendarai mobil matic. Karena sebenarnya mengendari mobil matic seperti layaknya mengendari sepeda motor matic yang tinggal main gas dan rem.
  • Lakukan perintah secara satu-persatu secara berurutan. seperti kaki kanan harus secara bergantian mengendalikan pedal gas dan rem. Selama mengendarai mobil matic kaki kiri istirahat secara penuh.
  • Setelah mobil bergerak maka konsentrasikan pada setir, gas, dan rem. Kaki dikonsentrasikan secara penuh untuk gas dan rem.

Tidak ada komentar: