Rabu, 11 Maret 2015

Cara Menghilangkan Karat dan Korosi Sederhana


Beberapa cara dapat anda tempuh untuk menghilangkan karat dan korosi pada material besi. Simak catatan berikut ini.
1. Rendam di dalam Cuka
Asam rumah tangga tidak beracun ini diantara aplikasi rumah tnagga yang mampu mengatasi karat. Cukup dengan menenggelamkan benda berkarat ke dalam cuka demalaman, kemudian kikis karat di pagi hari.
Lebih baik menggunakan cuka sari apel dibandingkan cuka putih. Meskipun cuka putih juga dapat digunakan, tapi tidak seefektif cuka sari apel.
Meskipun cuka efektif, ia relatif lebih ringan. Anda mungkin perlu merendam barang tersebut lebih lama dari hanya semalam. Rendam dalam sehari mungkin lebih baik. Setelah mengangkat barang berkarat dari cuka, celupkan penggosok alumunium foil kedalam cukadan gosok barang tersebut dan hilangkan karat dengan mudah.

2. Gunakan lemon atau jeruk nipis
Lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama. Taburkan garam diatas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

3. Asam Fosfat dan Asam Klorida
Asam Fosfat dan asam Klorida adalah barang rumah tangga biasa yang murah dan sangat baik untuk mengatasi karat. Disinilah anda dapat menemukan bahan tersebut dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut .

  • Asam Fisfat sebenarnya adalah "konverter" karat karena ia merubah oksida besi (atau karat) menjadi fosfat besi, sebuah lapisan hitam. Rendam bahan berkarat dalam asam fosfat setelah permukaan kering. Asam Fosfat dapat diperoleh dari menuman cola, rumput laut, dan molase.
  • Asam Klorida sering digunakan dalam industri baja untuk "mengawetkan" baja dengan cara menghilangkan karat atau kerak air. Asam kklorida dapat ditemukan di beberapa bahan pembersih rumah, kebanyakan pada pembersih kakus toilet.
4. Menggunakan Kentang
Asam oksalat yang terkandung dalam kentang membantu menghilangkan penumpukan karat. Metode ini sangat berguna untuk benda kecil yang berkarat, seperti pisau. Ada dua cara menggunakan kentang untuk menghilangkan karat, yaitu :
  • Cukup menusuk pisau masuk kedalam kentang dan biarkan selama sehari atau semalam. Setelah itu esoknya silakan angkat pisau itu dan bersihkan karat.
  • Iris kentang menjadi dua bagian, lapisi bagian dalam dengan soda kue secukupnya dan gosok dengan kuat permukaan berkarat dengan kentang berlapis soda kue. Kemudian gosok dengan bahan abrasif, seperti sabut baja.
5. Hapus karat dengan minuman soda cola
Tempatkan barang berkarat didalam gelas atau tempat lebih besar yang terisi dengan minuman cola.Biarkan terendam atau cukup dicelupkan saja. Periksa setiap setengah jam untuk memeriksa hasilnya. Cola seharusnya mampu dengan baik untuk menghilangkan karat.

6. Larutan Asam lain yang sudah tersedia
Sering kali anda dapat membuat cairan penghilang karat sendiri tanpa meningglkan dapur. Sebenarnya apapun yang bersifat asam akan mampu melepaskan karat dan akhirnya akan menghapus hasil oksidasi besi.


sumber:id.wikihow.com

Tidak ada komentar: